4.2.11

BOOK REVIEW
KUMPULAN CERITA 100 KATA

Author : Andi F. Yahya, Hotma Juniarti, Jamaluddin Ahmad, Jessy 'Jay' Faiz, Krisna Adityawan, Laila Achmad, Nita Sellya, Nurkastelia Anugrasindy
Penerbit : Antipasti
Tahun : 2009
Rate : 8/10


Minggu lalu emang niat mau ke Gramedia Matraman, niatnya cuman beli bolpen, iseng-iseng naik ke lantai atas. Gila itu novel judulnya makin beragam, antara males sama bangga sama jealous. Males karena biasanya isinya sama aja (kiah cinta romantis bla bla bla), bangga karena makin banyak orang Indonesia yang suka nulis, mudah-mudahan makin banyak yang suka baca dan mudah-mudahan ga terbatas sama novel roman picisan. Jealous karena gw pengen juga bikin buku :)).  


Anyway, diantara puluhan ribu buku terebut gw nemu buku ini Kumpulan Cerita 100 Kata. Menarik. Dan jujur gw ga melakukan kejahatan membuka sampul buku itu ya, buku itu udah terlepas dari sampul plastiknya. Formatnya sekilas seperti puisi, hanya 1 halaman per-judul. Ganti halaman, ganti judul baru. Gw langsung jatuh hati sama buku ini semenjak baca judulnya dan semakin jatuh hati setelah selesai membacanya.


Kumpulan Cerita 100 Kata ini, seperti judul bukunya terdiri dari kumpulan cerita yang tiap ceritanya ga lebih dari 100 kata. Ga tau ini bisa disebut cerpen apa nggak ya, tapi menurut gw formatnya sama, bedanya tiap cerita di sini ga ada "kulitnya". Hmm, ga ada pengantarnya. Langsung isi dan diberi ending yang tajam cenderung mencengangkan. Ya justru essensi dari buku ini menurut gw di akhirnya. Kalau akhirnya ga memberi kesan, 100 kata di atasnya terbuang sia-sia ga ada artinya.


Ide ceritanya macam-macam. Buku ini dibagi dalam 5 chapter, tiap chapter berisi cerita 100 kata yang idenya kurang lebih sama. Perelingkuhan, pembunuhan, cinta, bertepuk sebelah tangan, sakit hati, penyesalan,  merupakan salah satu ide yang bakal lo temuin di buku ini. Menarik deh. Kalau lagi bosan baca novel (seperti saya) cerita pendek semacam ini cukup menghibur. Sangat menghibur bahkan :) . Post-an selanjutnya gw akan memasukkan cerita-ceruta favorit gw dari buku ini. Enjoy!

p.s. : gw iseng ngitung, ga semua cerita terdiri dari 100 kata :p

Tidak ada komentar: